3 Dec 2010

JINGGA, BUKU TENTANG SAYA

Sudah dua kali saya membaca buku Marina Silvia Kusumawardhani. Pertama dua tahun lalu buku best seller Jalan-Jalan Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 Dollar. Itu pertama kali saya tertarik dengan penulisnya. Tidak hanya karena buku yang penuh gambar indah namun juga tentang percakapan-percakapan singkat yang ditulis Marina di bukunya. Saya adalah kolektor buku traveling khususnya yang ditulis oleh penulis Indonesia baru benar- benar tersentuh oleh tulisan Marina dibuku kedua. Berjudul ‘Jingga’.

Perjalanan dan pertanyaan tentang diri saya dan Tuhan adalah hal yang selalu ada dibenak saya. Bagaimana Tuhan menciptakan manusia kalau ‘Dia’ tahu pada akhirnya mereka akan menumpahkan darah diatas bumi. Seperti yang saya tulis sebelumnya disini, Marina lebih berani dari saya mencari jawaban bagi dirinya sendiri. Selama ini saya hanya berani menuliskan pertannyaan saya di laptop sendiri tanpa melakukan pencarian.


Kurang kebih apa yang dirasakan oleh penulis juga saya rasakan. Kenapa kita diciptakan dan untuk apa kita hidup. Bagaimana yang makhluk ini karena ada yang namanya Tuhan. Bagaimana pensil itu ada karena adanya pulpen dan benda lain. Bagaimana ada namanya hitam karena ada putih. Semua yang terjadi adalah dualitas. Bagaimana Tuhan yang tak bisa dibandingkan itu bisa dibandingkan. Karena dia itu ‘Maha Segalanya’ karena ada ‘sesuatu’ pembandingnya.

Buku ini menghipnotis saya seperti Sophie’s World nya Jostein Gaarder atau tetralogi Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata, buku ini akan jadi legenda. Jingga tidak banyak mengandung hal ‘lucu’ atau ‘seru’ layaknya buku traveling lain. Namun Jingga akan dikenang sebagai catatan perjalanan yang menyentuh banyak orang tentang arti perjalanan itu sendiri dan bagi pencari surga dibumi yang membacanya.


Ada yang mau menambah buku-buku perjalanan untuk saya?

7 comments:

NTRage03 said...

ae, aciid coming

dhila13 said...

minjem duung ichaaaaa... :P

Aysa Koto said...

@ dhila: boleh bu, ke ciputat aja, hehehe

Aysa Koto said...

@ aciid: hai :)

Anonymous said...

pinjem..........

tia manis said...

pinjemmmmmmmmmmmmmm...yg journey tu kykny bagus..

Aysa Koto said...

Hei tia dalimunthe, kenapa kamuh tibah tibah mhain kesinih? hihihihi